Thursday, June 28, 2012

Carburator VS Fuel INJECTION sistem

     
 Karburator adalah sebuah mesin pencampur udara dengan bahan bakar pada Mesin Pembakaran Dalam. Karburator bekerja secara manual dalam mengontrol aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar (combustion chamber), lalu kemudian menyalurkan bahan bakar dengan jumlah yang sesuai dengan besarnya aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar.
Walaupun karburator memiliki beberapa kelebihan, antara lain lebih murah, perawatan mudah, dan komponen lebih simpel, akan tetapi terdapat kekurangan-kekurangan berdampak negatif yang menyebabkan riwayat karburator ini suatu saat memang (”maaf Karl Baenz!” – penemu karburator) harus segera di museumkan
.
Akibat dari cara kerjanya yang manual, karburator selalu memerlukan penyetelan yang akurat di segala kondisi. Terkadang pencampuran antara udara dan bahan bakar tidak sesuai dengan kebutuhan mesin.
Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada karburator, dan secara langsung dapat turut mempengaruhi kinerja dan stabilitas mesin, serta akan timbul masalah yang belum pernah ada penangkal ampuh nya sampai di detik ini “pemborosan bahan bakar minyak dan pencemaran lingkungan”
Selain itu, karburator yang harganya lebih terjangkau sebenarnya lebih mengarah pada kondisi ketidakmandirian karburator itu sendiri.
Mesin ini masih harus dilengkapi komponen-komponen tambahan seperti coasting enricherdan acceleration pump agar dapat menyesuaikan sistem kinerja mesin pada kondisi tertentu.
Pada akhirnya, memilih bertahan pada teknologi karburator pun hanya akan mengeluarkan biaya tidak jauh berbeda dengan Teknologi Fuel Injection yang memang dinilai lebih mahal.


FUEL INJECTION SYSTEM (Injeksi Bahan Bakar)
Fuel Injection System secara umum adalah teknologi pengganti fungsi karburator.
Kesempurnaan Fuel Injection diilhami dari teknologi teruji dan terdepan YAMAHA yang konon lebih unggul dari teknologi injeksi lainnya. Tentu saja! YAMAHA memang selalu memberikan persembahan luar biasa,
Teknologi injeksi YAMAHA terbaru yang diberi nama “Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI)” telah dikembangkan sejak tahun 2009 di Taiwan dan telah diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor YAMAHA menjadi sangat efisien.
Jika dibandingkan dengan teknologi mesin karburator, YMJET-FI dapat melaju dengan penghematan mencapai 30% lebih!
Angka persen yang memukau jika dibandingkan dengan mesin Injeksi Bahan Bakar Biasa ternyata hanya mampu memberikan penghematan sekitar 10% saja.
Ini semakin membuktikan bahwa hasil keringat para teknisi YAMAHA memang “tidak main-main”.
Pencampuran antara aliran udara dan bahan bakar pada teknologi Fuel Injection dilakukan dengan cara pengaliran bahan bakar berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca melalui sistem elektronik modern.
Jika karburator bekerja secara manual, Fuel Injection bekerja dalam mesin seolah lebih manusiawi dan mandiri.
Hal ini disebabkan karena sistem elektronik modern ini menggunakan sensor-sensor dalam memonitor dan mengontrol kondisi mesin yaitu secara otomatis dapat mengatur pencampuran bahan bakar dan aliran udara dengan sempurna, baik dalam keseimbangan maupun keselarasan.
Selain itu, pada Fuel Injection terdapat Electronic Control Unit (ECU) yang berfungsi menghitung volume bahan bakar yang diperlukan mesin dengan sangat akurat, sehingga tidak akan ada bahan bakar yang terbuang percuma.
ECU juga mampu mengontrol perbandingan bahan bakar dan udara agar tetap ideal di semua tingkat putaran mesin dan di berbagai kondisi.
Sebagai contoh disaat kondisi cuaca dingin. Fuel Injection sudah dilengkapi sensor temperatur mesin dan sensor temperatur udara masuk. Saat mesin di starting, secara otomatis volume semprotan bahan bakar ditambah dan disesuaikan, sehingga mesin mudah dihidupkan tanpa gangguan apapun akibat cuaca dingin.
Sudah sangat jelas bahwa sepeda motor dengan teknologi Fuel Injection jauh lebih TERDEPAN dari pada motor bermesin karburator.
Fuel Injection dengan kecanggihannya terbukti mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, mengurangi emisi gas buang, memberikan performa mesin yang stabil, tarikan lebih responsif, serta power/tenaga keluaran yang lebih.
Kesempurnaan teknologi Fuel Injection yang terpadu dalam Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) akan menghadirkan keindahan dalam berkendara yang sebaik-baiknya dan tentu saja diperuntukkan untuk kepuasan maksimal bagi YAMAHA Bikers di seluruh dunia.
YMJET-FI yang tingkat efisiensi bahan bakarnya mencapai 30% lebih merupakan napas baru bagi Bikers.

Tidak terbayang rasanya jika seluruh mesin kendaraan di dunia telah menggunakan teknologiFlue Injection. Sebagai ilustrasi, Jika 1000 tahun lagi diperkirakan Bumi akan kehabisan stok minyak bumi nya, berkat Flue Injection, bahan bakar minyak bisa saja masih dapat menyanggupi kehidupan selama 5000 tahun lagi. Luar biasa sekali!
YMJET-FI yang juga menghasilkan pembakaran optimal, tentu saja berpengaruh pada produksi gas buang/emisi mesin yang menjadi lebih terkontrol.
Hal ini menjadi dampak positif yang merupakan salah satu jawaban tentang permasalahan polusi udara dan kelestarian lingkungan selama ini.
Dengan hadirnya teknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), kelangsungan hidup yang lebih baik di bumi akan senantiasa terjaga.
YMJET-FI akan membantu menghijaukan bumi lebih lama.
Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) telah siap dengan menghadirkan beberapa jenis alat perawatan mesin Injeksi.

Hanya tinggal menunggu waktu saja, YAMAHA akan segera melakukan pemerataan kualitas demi kenyamanan seluruh YAMAHA Bikers di Era Injeksi ini. YMJET-FI rencananya akan disematkan di seluruh motor-motor yang diluncurkan pada 2012. Dan telah siap terjun dalam peningkatan pengetahuan mengenai teknologi Fuel Injectionkepada seluruh SDM teknisi YAMAHA.Terbukti dengan sudah di gelarnya Workshop FI Injector Cleaner

Adapun di awal peluncuran YMJET-FI, YAMAHA tidak segan-segan memasang target Growth Strategy pada angka fantastis.
Diagendakan 50% dari model yang dipasarkan di ASEAN sudah menggunakan Teknologi Fuel Injection di tahun 2012, sedangkan target untuk di tahun 2015 adalah 80% model motorYamaha Mixture JET-Fuel Injection!

“Apa saja keistimewaannya?”
Mio J merupakan Extraordinary Dedication Motorcycle yang akan meneruskan keunggulanYAMAHA di kategori skuer metik.
Skutik Mio J ber-tagline ‘Semakin Cepat Semakin Irit It’s Magic’ ini memiliki performa tinggi, konsumsi BBM efisien 30%, serta kelincahan dan kecepatan yang tetap terjaga sebagaimana reputasi Mio sebelumnnya yang selama ini melegenda dan diakui di pasar motor tanah air.
Penyatuan mesin terbaik YAMAHA, Diasil Cylinder dan Forged Piston dengan teknologi luar biasa YMJET-FI, serta perpaduan dari segi kinerja, gaya, dan ekonomis ini melahirkan Mio J yang membawa YAMAHA SEMAKIN DI DEPAN dalam arus perang motor di era Injeksi saat ini.
Mio J telah tersedia dalam variant warna-warna mengesankan serta memiliki fitur-fitur lebih unggul, antara lain : tempat duduk yang luas dan lebih panjang, speedometer baru, lampu sein depan lebih berkilau dan bagasi lebih luas.
Mio J mengusung mesin 113 cc, 4-tak, 2-valve, SOHC berpendingin kipas, dan mempunyai tenaga maksimum 7,75 PS pada 8.500 RPM dengan torsi maksimum 8,5 Nm pada 5.000 RPM.
Intinya adalah bagaimana kita mampu memilih secara smart dengan pikiran terbuka.
Memilih mengikuti derasnya arus teknologi dengan maksud dan tujuan demi kelangsungan hidup lebih baik adalah keputusan yang sangat bijak.
Sambil menunggu seseorang berhasil menciptakan teknologi sepeda motor dengan bahan bakar daun, Motor YAMAHA berteknologi Yamaha Mixture JET-Fuel Injection adalah pilihan terbaik dan tak tertandingi!

7 comments:

  1. kenapa brand yang disebut2 cuma yamaha?

    ReplyDelete
  2. Ternyata antek Yamaha :D
    Saya sendiri pakai Yamaha, tapi saya rasa artikel ini sangat tidak seimbang.

    ReplyDelete
  3. ada yang lain kok sob cuman blm di posting aja.......motor yamaha nya apa gan dan keluhanya apa....? tanks

    ReplyDelete
  4. Ramah lingkungan tp bengis didompet, rusak dikit jutaan, motor tumbang jutaan, filter kotor atau nyumbat jutaan, emang semua orang gajinya 100jutaan perbulan? Apapun karburator tetap terbaik, ramah sama dompet, kalau kerusakannya parah, ganti karbu paling 300an, kalo gk ada lg motor baru yg karbu, lebih baik beli motor yg bekas asalkan karburator.

    ReplyDelete